Beberapa Perbedaan Mesin Honda CB150 Verza dan Honda Verza Lawas.

Setelah sebelumnya Mas Sayur menulis tentang poin perbedaan antara All New Honda CB150 Verza dengan Honda Verza generasi awal secara keseluruhan (baca tulisannya DI SINI ),maka kali Mas Sayur akan membahas beberapa perbedaan antara mesin dari Honda CB150 Verza dan Honda Verza generasi awal.

Tentu tidak sedikit sobat pembaca yang ingin mengetahui tentang hal ini,apa saja perbedaan yang ada pada sektor mesin dari Honda CB150 Verza dan Honda Verza lawas.

Untuk mengetahui hal ini,Mas Sayur bela-belain bertanya pada seseorang,mas bro..  😊

Dan bukan sembarang orang yang Mas Sayur tanya tentang hal ini, beliau adalah orang yang berkompeten di bidangnya. Beliau adalah instruktur mekanik Astra Motor Papua, Bapak Hardjito.

Rangkuman “Wawancara” dengan beliau via aplikasi pesan WhatsApp akan Mas Sayur beberkan di sini.

Mari kita mulai.

Secara keseluruhan dan penampakan visual, mesin Honda CB150 Verza dan Honda Verza tak ada perbedaan, spesifikasi mesinnya pun tak jauh berbeda, akan tetapi ada beberapa detail perbedaannya,diantaranya :

Baca Juga :  Penasaran Dengan Harga All New Yamaha R15 155 VVA OTR Jayapura Papua ? Masuk Sini,gan...

  • Piston

Pada gambar terlampir, sebelah kiri adalah piston milik Honda Verza lawas,dan sebelah kanan adalah piston milik Honda CB150 Verza yang mempunyai desain baru pada area belakang piston. Desain piston baru ini bertujuan untuk meningkatkan performa piston.

 

  • Adanya dudukan speed sensor di crankcase mesin sebelah kiri.

Penjelasan untuk dudukan speed sensor ini adalah berkaitan dengan pengaplikasian speedometer digital pada Honda CB150 Verza.

 

  • ECM Model Baru.

ECM Honda CB150 Verza menganut sistem slot dengan 36 pin yang dibagi dalam dua sisi, SIDE A dan Side B. Namun dari 36 pin yang ada di kedua sisi, ada beberapa pin yang vakum alias tidak terpakai.

Detailnya ada di gambar berikut :

 

Dari 36 pin yang ada dari kedua sisi,hanya 27 pin yang terpakai.

Side A Pin nomor 4,7,13,15,16 tak terpakai dan pada Side B, pin nomor 22,25,33,34 kosong tak terpakai.

Kedepannya,semua varian motor Honda akan menggunakan ECM yang menganut sistem slot seperti ini.

Baca Juga :  Supermoto Street Gathering,Inikah Pertanda Hadirnya Honda CRF150 Versi Supermoto ?

 

Sedangkan untuk Throttle Body (TB), Honda CB150 Verza masih menggunakan TB berdiameter 26, sama seperti Honda Verza generasi pertama.

Sedangkan untuk rasio gigi transmisi,masih sama dengan Honda Verza,tak ada perbedaan.

 

Sementara itu,info lain Mas Sayur dapatkan dari blogger jatimOtoblog, cak Priyo yang merupakan ketua paguyuban blogger Otomotif Jawa Timur, beliau menuliskan beberapa hal lain tentang perbedaan mesin Honda CB150 Verza dan Honda Verza, cek tulisannya DI SINI.

Cak Priyo menuliskan,ada beberapa bagian dari mesin Honda CB150 Verza yang berbeda dengan Honda Verza,diantaranya

Baut tensioner pada Honda Verza yang berbentuk baut dengan penyetel model obeng + sudah diganti dengan baut model kunci 8 pada Honda CB150 Verza,hal ini bertujuan untuk mempermudah penyetelan.

Relay Honda Verza

Selain itu,relay pada Honda Verza yang bertipe coil atau kumparan, namun untuk CB150 Verza sudah menggunakan IC (PCB) dengan desain yang lebih simple.

 

Demikian,mas bro… Sedikit detail perbedaan mesin Honda CB150 Verza dan Honda Verza generasi awal yang bisa Mas Sayur rangkum dan sampaikan kepada sobat pembaca sekalian.

Baca Juga :  Review Harian New Honda BeAt Street eSP (Bag.2 Konsumsi Bahan Bakar )

Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

3 tanggapan untuk “Beberapa Perbedaan Mesin Honda CB150 Verza dan Honda Verza Lawas.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: