Test Ride All New Honda CB150 Verza, Gesit dan Lincah,Cocok Banget Buat Pikulan Sayur. ;-)

Adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi admin yang hanya pengelola blog otomotif kecil dan sederhana di ujung timur negeri ini ketika mendapatkan kesempatan menyaksikan launching sekaligus melakukan test ride dari All New CB150 Verza yang dilaksanakan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) di JI Expo,Kemayoran Jakarta Pusat pada 20 Februari 2018 yang lalu.

Jauh-jauh dari Jayapura Papua,dan harus menempuh penerbangan nonstop tanpa transit dari Bandara Sentani Jayapura menuju Bandara Soekarno-Hatta, admin bertekad tak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini dan berniat akan menulis semuanya tentang All New CB150 Verza. Namun sayang, tulisan tentang impresi dan review dari All New CB150 Verza di blog ini baru bisa terbit saat ini, seminggu setelah acara..,maklumlah admin kan orang yang sok sibuk…Β  πŸ˜‰πŸ˜‰

Baiklah…. kita mulai saja…

Awal pertama mendengar namanya,”CB150 VERZA” , seperti ada sesuatu yang mengganjal….

Nama yang aneh… πŸ˜€

Nama CB (City Bike) dalam jajaran motor sport Honda identik dengan motor sport naked level menengah ke atas,sedangkan VERZA adalah nama baru yang hanya ada di Indonesia dan itu adalah motor sport entry level (baca :paling murah). Mengapa AHM menggabungkan dua nama dari kasta yang berbeda ini ?

Apakah nanti tidak terjadi kerancuan di kalangan konsumen dalam penyebutannnya ?, dan hal inilah yang admin tanyakan pada sesi tanya jawab seusai prosesi launching.

Apa jawabannya ?

Secara global Honda mempunyai Brand CB yang sudah sangat kuat melekat dengan identitas sepeda motor sport naked Honda dan dinamai sesuai dengan kubikasi,sedangkan Verza sudah dikenal sebagai motor harian yang tangguh dan maskulin, sehingga penyematan nama CB bertujuan memberikan kebanggaan bagi pengendara CB150 Verza yang sudah disempurnakan desainnya menjadi tampil lebih gagah dan maskulin.

Baca Juga :  Moto Gp: HRC Tak Akan Melepas Pedrosa,Ini Alasannya

To the point saja ke sesi test ride…

Melihat desain lampunya yang bulat,dari arah depan agak kesamping,jadi teringat Honda Tiger 2000 atau Megapro atau bahkan admin jadi teringat Suzuki Thunder 125. 😊

Desain lampunya tidak aneh,sich….tapi cover lampu di kanan dan kirinya yang membuat agak sedikit terlihat aneh…,tapi mungkin”witing tresno jalaran soko kulino” akan berlaku di sini, dimana ketika sudah setiap hari melihatnya maka tampilan “aneh” tersebut jadi tidak akan aneh lagi. 😊 *maybe yes…. Maybe no….Β 

Mengangkangi langsung All New CB150 Verza, yang dirasakan pertama kali adalah tingkat kelembutan joknya yang khas motor sport Honda masa kini, tidak empuk tapi juga nggak keras-keras amat…,jangan bandingkan dengan motor matic merk sebelah…. πŸ˜€

Tinggi joknya ?

Admin yang mempunyai Tinggi Badan 165,agak jinjit dikit…,tapi posisi ini masih tergolong aman dan nyaman,dan tak mengganggu pengendalian.

Feeling saat menatap dasbor yang berupa speedometer digital,kesannya futuristik dan modern,ditambah shroud tangki yang lebih lebar dari Honda Verza gen pertama,membuat kesan gagah saat “mengangkangi” All New CB150 Verza jadi makin terasa.

 

Ketika mesin dihidupkan, suara halus mesin 150 cc dan dentuman knalpot yang ngebas masih sama persis dengan Honda Verza gen pertama,tak ada perbedaan sama sekali,karena memang sektor mesin tak mengalami ubahan.

Baca Juga :  Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) Bangun Safety Riding Lab.

Memulai bermanuver di trek yang di sediakan di lapangan JI Expo Kemayoran,dengan variasi lintasan berupa trek lurus,tikungan lambat,tikungan cepat, tikungan S kecil dan beberapa jalur yang bumpy, All New CB150 Verza terasa sangat nurut dan lincah diajak bermanuver. Walaupun hanya bisa menggunakan gigi 1 dan 2 karena tuntutan lintasan,namun bagi admin yang sehari-hari menggunakan kendaraan operasional motor sport 150 cc Honda, All New Honda CB150 Verza ini mempunyai potensi ketangguhan melibas berbagai medan.

Kelincahan All New CB150 Verza akan sangat berguna pada kondisi stop and go di kemacetan jalan raya, kestabilan handingnya mantap dan karakter mesinnya yang SOHC dan hanya membutuhkan pendinginan udara juga sangat mendukung.

Mengitari trek test ride yang disediakan panitia sebanyak 4 kali putaran,rasanya sudah cukup bagi admin untuk mengambil sebuah kesimpulan jika All New CB150 Verza adalah sebuah sepeda motor yang memang dirancang untuk motor harian yang tangguh melibas berbagai macam kondisi jalan raya (dari yang macet,sampai jalan berlobang dan tak rata),namun tetap memberikan kesan tampilan gagah dan berotot (maskulin).

 

Suspensi Belakang Ganda,Ciri Khas Motor Pekerja Keras.

Dual Shockbreaker sebagai peredam kejut di bagian belakang memang terkesan seperti motor jadul (jaman dulu / model lama), akan tetapi ini justru memberikan kesan yang makin kuat ketangguhan dari All New CB150 Verza, Dan disinilah nilai jual sebenarnya dari All New CB150 Verza.

Dengan dual shockbreaker,konsumen tak akan ragu lagi menggunakan All New CB150 Verza sebagai kendaraan kuda beban dan kendaraan operasional yang membutuhkan ketangguhan/kekuatan untuk mengangkut barang.

Baca Juga :  Press Conference All New Supra GTR 150 Astra Motor Papua.

Jangan lupa…,ini Indonesia…

Adalah sebuah hal yang lazim ditemui dijalanan ketika sepeda motor digunakan sebagai sarana pengangkutan barang dagangan atau sebagai sarana mengangkut barang hasil pertanian dan perkebunan.

Dan bagi admin pribadi,All New CB150 Verza sangat tepat jika digunakan sebagai pikulan sayur,sesuai dengan profesi yang admin lakoni di dunia nyata.

Akhirnya, hanya inilah yang bisa admin tuliskan tentang impresi dan sedikit review All New Honda CB150 Verza.

Semoga kelak ada unit test ride yang bisa dipinjam untuk benar-benar bekerja keras digunakan untuk pikulan sayur πŸ˜‚πŸ˜‚ Dan jika ini terlaksana,maka ini akan menjadi test ride paling ekstrim sepanjang sejarah test ride motor baru di Indonesia. 😊

 

Advertisements

2 tanggapan untuk “Test Ride All New Honda CB150 Verza, Gesit dan Lincah,Cocok Banget Buat Pikulan Sayur. ;-)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: