Mesin Yamaha Vixion Berisi Pasir.

Repost artikel yang tertinggal di hosting lama saat perpindahan hosting. Adalah kejadian pada Desember 2015 yang menimpa seorang pemilik Yamaha Vixion Lightning di Jayapura Papua,dimana mesin motornya mogok,dan ketika mesin Yamaha Vixion Lightning tersebut dibongkar di bengkel,fakta mengejutkan dan tak bisa dipercaya bahwa mesin motor tersebut dipenuhi pasir yang bahkan mengendap memenuhi bak mesin bagian bawah yang seharusnya berisi oli. ?

Begini ceritanya selengkapnya.

Satu Unit Yamaha New Vixion Lightning rakitan tahun 2014 di bawa ke sebuah bengkel oleh pemiliknya,dengan keluhan suara mesin kasar,terdengar suara klethek-klethek dari dalam mesin dan tarikan sangat berat.

Sang mekanik pemilik bengkel menganalisa jika ada masalah pada dapur pacunya.

Setelah di cek lebih lanjut ternyata masalahnya adalah pada oli yang tak mau “naik” ke blok mesin dan silinder kop.

Langkah selanjutnya tentu memeriksa pompa oli yang ada di bawah transmisi dan harus membongkar bagian mesin sebelah kanan.

Baca Juga :  Bakal Ada Kawasaki Ninja 250 Warna Oranye..

Namun betapa terkejutnya sang mekanik ketika membuka cover mesin sebelah kanan dan mendapati penampakan sebagai berikut.

Terdapat PASIR material bangunan dalam jumlah cukup banyak mengendap di bagianbawah mesin di bawah perangkat kopling dan di area pompa oli.
Pantas saja oli nggak bisa terdistribusi ke seluruh mesin,kemungkinan besar saluran olinya tersumbat oleh pasir yang agak kasar itu.
?

 

Sejak awal membuka saluran pembuangan oli,sudah ada kecurigaan.

Pasti ada yang tidak beres di dalam mesin,pasalnya di baut penutup saluran pembuangan oli sudah terdapat butiran-butiran pasir kasar.

Jika masih kurang percaya jika ini benar-benar pasir,silahkan dipelototi gambar di atas,dan gambar berikut.

 

Benar-benar pasir kasar material bangunan.

Pertanyaan umumnya adalah,mengapa pasir itu bisa masuk ke dalam mesin…??

Melihat kenyataan ini,pada umumnya sebagian besar dari kita jelas akan langsung menuding jika ada yang sengaja memasukkan pasir itu ke dalam mesin melalui lubang pengisian oli.

Baca Juga :  Tips Ampuh Bagi Biker untuk melawan Panas

Dan memang itu lah yang paling logis.

Tapi si pemilik motor yang sudah pasti mumet ndhase tersebut tidak mau berburuk sangka terlebih dahulu,dia hanya diam dan menyuruh sang mekanik membongkar total mesin NVL nya,membersihkannya,memeriksa apa saja kerusakannya,menggantinya dengan part baru dan merakitnya kembali.

Sungguh sebuah kejadian yang sangat tidak di inginkan oleh siapapun.

Ini adalah sebuah petaka bagi si pemilik motor.

Dan jujur saja,Mas Sayur juga tidak berani mengatakan jika ada orang yang sengaja memasukkan pasir ke dalam mesin Yamaha New Vixion yang naas itu,karena belum ada yang bisa membuktikan siapa pelakunya.

Yang jelas,jika benar ada yang melakukan hal tersebut ( memasukkan pasir ke dalam mesin motor itu), maka bisa di pastilan jika orang tersebut adalah seorang pengecut dan pecundang yang tak punya mental ksatria.

Baca Juga :  Astra Motor Antarkan 350 Pemudik Balik ke Jakarta.
Advertisements

5 tanggapan untuk “Mesin Yamaha Vixion Berisi Pasir.

  • Januari 19, 2018 pada 7:55 am
    Permalink

    Khan nggak mungkin juga pasir sebanyak itu dimasukkan di pabrik perakitan. Dan motornya khan udah jalan berkilo2 meter sebelumnya.

    Tapi pernah ada cerita dari teman kuliah waktu tahun 1970-an, motornya macet krn tangki motornya ada garamnya. Waktu itu motor masih CBU semua, dan tangki motor belum ada kuncinya. Khan nggak mungkin juga pabrik di Jepang sana masukin garam ke dalam tangki. Eh, barangkali modus penyeludupan garam? hehehe…

    Balas
  • Januari 19, 2018 pada 8:05 am
    Permalink

    Lho komentar saya tadi enggak masuk.

    Khan enggak mungkin juga pasir sebanyak itu dimasukkan di pabrik perakitan. Dan motornya khan udah berjalan berkilo2 meter sebelumnya.

    Dulu waktu kuliah tahun 1970-an, teman cerita motornya macet karena ada garam di dalam tangkinya. Waktu itu semua motor masih CBU dan belum ada kunci di tutup bensinnya. Khan enggak mungkin pabrik di Jepang sana masukin garam ke dalam tangki. Eh, jangan2 modus penyeludupan garam? Hehehe..

    Balas
  • Maret 20, 2018 pada 6:47 am
    Permalink

    ketika diamati posisi pasirnya, kok sama ya? pdhl posisi penutup mesinnya beda

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: