Brake Shoe/Kampas Rem Honda New CB150R Streetfire “Hanya” Bertahan Kurang dari 9 Ribu Km.

image

Sekedar berbagi cerita tentang usia pemakaian kampas rem si Paijan [ Honda New CB150 si pikulan Sayur ] yang setiap hari menemani Mas Sayur “berjuang” melibas jalan berbukit dan berkelok di wilayah Abepura,Entrop,Polimax serta jalan baru Makodam XVII Cendrawasih dan kota Jayapura Papua yang di dominasi oleh tanjakan dan jalan menurun yang bervariasi.

Cerita yang sempat tertunda dan tersimpan di draft dashboard untuk beberapa lama dan baru bisa di terbitkan,karena alasan sok jadi orang sibuk.
   :mrgreen:

Jadi ceritanya begini,sejak pertama kali Mas Sayur membawa pulang si Paijan dari dealer [ memang tidak di Antar delivery car, Mas Sayur jemput langsung ke dealer,dengan alasan yang tak bisa di sebutkan di sini ],pada November 2015 yang lalu,motor ini hanya sekitar 5 hari menjalani masa inreyen,selanjutnya STNK keluar,bikin plat nomor sendiri dan langsung tancap gas di jadikan pikulan sayur.
   😉

Jadi selama hampir 9 bulan sampai saat tulisan ini di buat,setiap hari si Paijan telah melewati berbagai macam medan jalan dari jalan makadam,jalan berbatu jalan aspal rusak dan aspal mulus,kecuali medan off road.

Baca Juga :  Marc Marquez dan Dani Pedrosa Tularkan Keselamatan Berkendara sebagai Gaya Hidup ke Generasi Muda.

Dan selama itu pulalah jarak tempuh hampir menyentuh angka 9000 km.

Lalu selama itu pula,tak ada kendala berarti meskipun si Paijan ini di perlakukan dengan sangat “kejam” di luar batas perikemotoran,simak reviewnya pada tulisan berikut

Review 5000 km pertama honda new cb150 sebagai kuda beban.

Namun akhirnya, di pencapaian jarak tempuh mendekati 9000 km,ada sebuah part yang sudah tak tertolong lagi,dan mutlak harus di ganti,yakni brake pad alias kampas rem depan,
yang di tandai dengan adanya bunyi gesekan logam ketika tuas rem di tekan.
Mengapa justru kampas rem depan yang habis duluan ?
Ini berkaitan dengan kebiasaan pengereman yang Mas Sayur lakukan dengan porsi 60% rem depan dan 40% rem belakang.

image

8908 km,ganti kampas rem depan.

Teringat tulisan seorang teman blogger jatimOtoblog, yakni kang PB yang pernah memposting jika kampas rem depan honda new cb150 di wilayah kerjanya di Surabaya,rata-rata hanya mampu bertahan di angka 3500 an kilometer,baca tulisannya DI SINI.

Jadi menilik tulisan tersebut,bisa di tarik kesimpulan jika kampas rem depan milik si Paijan termasuk awet.

Baca Juga :  Ganti Stang Kemudi New Honda CB150 Dengan Stang Honda Tiger Revo, Ergonomi Berubah Drastis.

image

Kampas rem baru pun Mas Sayur beli,nggak susah mencari part tersebut walaupun Mas Sayur berada di ujung timur negeri yang jauh dari pusat kota,dan tak perlu pula mencari part original milik Honda New CB150,karena kampas rem depan Honda New CB150 bisa di subtitusi dengan kampas rem depan milik Honda CB150 Streetfire gen 1, Honda Tiger 2000,Honda Megapro,New Megapro dan Honda Verza, pokoknya nggak pake ribet…,dan harganyapun terjangkau,tak menghabiskan selembar uang limapuluh ribuan.
   🙂

image

Buka kampas remnya.

image

Ini kampas rem yang sudah “habis” tersebut.

image

Lalu pasang kembali.
Selesai..

Kesimpulan dari cerita ini adalah,
Pertama,
Motor rakitan lokal,part nya jelas lebih mudah di dapat dan harganya lebih terjangkau di banding dengan motor yang ber status CBU.
Dan inilah salah satu alasan Mas Sayur melego si Paimo CBR250 dan berganti pikulan ke New Honda CB150 yang produk lokal.

Kedua,
Adanya commont part antara varian motor baru dan varian lain dalam satu merk motor,sangat membantu konsumen dalam mendapatkan part yang di butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kembali ke Jalan Yang Benar.
Advertisements

Satu tanggapan untuk “Brake Shoe/Kampas Rem Honda New CB150R Streetfire “Hanya” Bertahan Kurang dari 9 Ribu Km.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: