Obrolan Singkat dengan Pengguna Motor China yang Masih Tersisa dan Eksis di Jalanan Jayapura.

image

Sobat bikers…
Sepintas,melihat motor di atas sampeyan tentu akan meng klaim jika itu adalah Honda GL100 tahun 80’an. Tapi tunggu dulu…
Perhatikan lagi mesinnya

image

Dari sini bisa di pastikan jika motor ini bukanlah merk Honda. Merk nya adalah JRD ,seperti yang tertulis di cover mesin kanan ( bak kopling) juga yang tertulis di cover dinamo starternya.
Uniknya lagi,karburatornya ber merk Kei Hin made in Japan,karburator original bawaan Honda GL 125 di era tahun 80’an akhir hingga awal 90’an.

JRD Motorcycle,dari hasil penelusuran mbah gugel, adalah sebuah produsen motor lokal asal Thailand,dan ada forumnya juga, di sini

http://www.motorcycle.in.th/forum/viewtopic.php?showtopic=437

Dan beberapa tahun yang lalu,ketika gempuran motor China di Indonesia begitu gencar,diler JRD sempat ada di berbagai kota di Nusantara,termasuk di Jayapura.

Baca Juga :  Bukan BC... Tapi Realita..

image

Nah..motor yang Mas Sayur temui ini adalah milik seorang nelayan di Jayapura yang kebetulan bertemu dengan Mas Sayur di pantai Kupang di depan Kantor Gubernur Jayapura.
Menurut pengakuan pemiliknya,motor ini dulu di belinya dari dealer resmi yang sudah menjelang kolaps dan stok motornya sudah tinggal beberapa unit saja dengan harga cukup murah untuk ukuran Jayapura di tahun 2008, yaitu 2,9 jt saja.
Ā Ā  šŸ˜‰
Bayangin,bro…2,9 jt sudah dapat motor gres..kewes kewes…Ā Ā Ā  murah tenan…

image

Dan menurut beliau,selama pemakaian dari 2008 hingga saat ini,belum pernah mengalami kerusakan mesin sama sekali,hanya penggantian roda yang ia lakukan dari aslinya spooke wheel menjadi velg racing, biar gawul katanya
Ā Ā  :mrgreen:
Agak heran juga Mas Sayur mendengar pengakuan si Bapak ini tentang kehandalan motor Thailand nya.
Dan ketika Mas Sayur tanya,bagaimana dia memperlakukan motor nya..?Ā  Dia menjawab simpel saja, dia memperlakukan mesinnya tanpa paksaan dan rajin ganti oli di setiap hitungan 1500 KM , kadang lebih sedikit.
TANPA PAKSAAN di sini maksud nya adalah eco riding, berkendara secara halus,tak pernah membawa muatan overload, dan jarang ngebut.

Jadi inti dari percakapan singkat ini adalah,
Meskipun kualitas material sebuah produk sangat mempengaruhi kualitas produknya,tapi perawatan dan perlakuan pemakai juga punya peran besar dalam mempengaruhi keawetan sebuah produk yang kita pakai.

Baca Juga :  "Sepeda Motor" itu...ya,ini....
Advertisements

36 tanggapan untuk “Obrolan Singkat dengan Pengguna Motor China yang Masih Tersisa dan Eksis di Jalanan Jayapura.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: