This is Jayapura Part 5, Menyeberang ke Negara Tetangga ,Papua New Guenea..

Perbatasan RI - PNG - 1.2Jadi ceritanya ini artikel jalan-jalan lagi   🙂

Tapi jalan-jalannya keluar negeri,bro   😉

Sebagai pembuka,perlu diketahui jika perbatasan Indonesia dan papua New Guenea di wilayah jayapura terletak di Distrik Skouw Muara Tami Jayapura. Sedangkan Wilayah papua New Guenea yang terdepan berbatasan dengan wilayah ini bernama distrik Wutung.

Tak perlu ribet membayangkan harus mengurus paspor ini dan itu,asalkan mempunyai KTP Jayapura atau minimal pemandu yang berdomisili di jayapura,maka kita bisa menyeberang sedikit ke negeri sebelah sekedar untuk berfoto-foto atau belanja souvenir di pasar perbatasan. sayangnya pasar perbatasan saat ini sedang di bongkar , denger-denger katanya ada sengketa tanah   😉

Baca Juga :  Touring Wisata ke Monumen Tugu Mac Arthur di Bukit Iar Sentani,Apa Itu Tugu Mac Arthur..??

Perbatasan RI - PNG - 1

 

Sebenarnya acara ini tidak di rencanakan,tapi kemarin sepulang kerja sekitar jam 10.00 WITA , seorang teman iseng mengajak jalan-jalan ke perbatasan. Mengingat hari mnggu memang  kegiatan agak longgar,meskipun nggak libur kerja,maka jadilah acara itu. Rencana awalnya membawa dua motor,yaitu Honda Tiger dan CBR 250,namun akhirnya rencana itu di batalkan mengingat cuaca tak menentu dan sedikit mendung,akhirnya berangkat lah membawa si Kijang Innova milik tetangga yang sedang nganggur   😉   ***pinjem mobil ceritane,bro   :mrgreen:

Titik nol kilometer Indonesia TimurPerjalanan dari jayapura ke perbatasan tidaklah lama dan tidak jauh,perhatikan gambar tugu titik nol Indonesia timur di samping ini,hanya 70 km dari kota jayapura,maka di tempuh dengan mobil dengan medan bergunung,berkelok dan berliku,perjalanan menuju ke perbatasan dari Jayapura memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Baca Juga :  Psy War Yamaha EXCITER 150 /Jupiter MX King..

Pos periksa lintas batas PNGPos pemeriksaan lintas batas memang tutup pada hari minggu,yang artinya tidak ada aktifitas menyeberang kendaraan dari Indonesia ke PNG atau sebaliknya. Juga tidak ada aktifitas warga negara tetangga yang berbelanja kebutuhan sembako dan lain-lain di pasar perbatasan yang di kelola oleh warga Indonesia di wilayah Indonesia.

Tapi bukan berarti warga yang ingin sekedar berlibur di sekitar perbatasan tidak di perbolehkan melintas,tetap ada warga yang melintas dan petugas jaga juga ada,tapi lebih santai kerjanya,karena yang melintas hanyalah orang,bukan kendaraan besar yang membawa logistik atau material yang lain.

Baca Juga :  Nasib Ngenes Motuba,Hanya di Jadikan Landasan Gubuk.

Gapura perbatasan RI - PNGSetelah melewati pos pemeriksaan ,maka terhamparlah di depan kita tugu / gapura perbatasan negara kita,INILAH BATAS NEGERI KITA YANG PALING TIMUR DI WILAYAH JAYAPURA.

DI BELAKANG GAPURA ITU adalah Sudah bukan Indonesia lagi,Tapi LUAR NEGERI   (bersambung)

Advertisements

39 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *