Bahaya Tak Terduga di Musim Hujan, Petir…

hujan petirMusim hujan telah tiba,desember biasanya merupakan bulan dengan curah hujan yang tinggi,dan seperti di ketahui,di saat musim hujan yang bisa mengkibatkan bahaya banjir,adapula satu bahaya yang di timbulkan oleh alam pada saat musim hujan ,yaitu PETIR.

.

Petir sangat berbahaya ,karena tak dapat di prediksi ke arah mana ia akan menyambar. Dan muatan listrik yang terkandung di dalamnya bisa ratusan bahkan ribuan volt,yang bisa membuat apapun yang di sambarnya mengalami kerusakan parah,dan bagi mahluk hidup,bisa mengakibatkan kematian.

.

petir_1

.

Sobat bikers,kita persempit dan kita persingkat saja cerita kita ke dunia roda dua. Ada cerita memilukan dari sebuah desa yang terletak tak jauh dari kampung Mas sayur di Jawa Timur. Yaitu seorang pengendara motor yang bernasib sial karena harus meninggal ketika berkendara karena tersambar petir   😯

Baca Juga :  Honda All New Scoopy Segera Mengaspal di Jayapura Papua.

Ini kutipan beritanya :

Jember,MAJALAH-GEMPUR.Com .Bunarman (50),warga Dusun muneng Desa mayangan Kecamatan Gumukmas, sekitar pukul 15.00 Wib Rabu, (11/12) tewas tersambar petir di tepi jalan dekat persawahan arah pulang ke rumah nya



Akibatnya sekujur tubuh laki-laki tersebut terluka bakar, kepala robek lecet selebar 5 CM,telinga dan dada daging nya melepuh seperti luka bakar. di tepi jalan dekat persawahan,  arah pulang ke rumah nya.
Diketahuinya sosok tubuh yang tergeletak di pinggir jalan dari warga dusun sebelah yang hendak merumput.  Sontak saja warga beramai ramai mendatanginya, terlihat bajunya compang camping dan tubuhnya penuh dengan luka bakar tanpa pikir panjang warga langsung melapor ke mapolsek Gumukmas . Tutur warga

 
“Sepertinya Bunarman kesambar petir, waktu naik sepeda motor mas, karena memang saat itu cuaca hujan rintik-rintik dan petir menyambar-nyambar. Disamping tubuhnya ada sepeda motor roboh mas”  tutur Budi
Sementara itu AKP. Bambang S.H saat di konfirmasi membenarkan kejadian seorang warga tersambar petir tersebut.Dan pihak nya sudah memberi tahukan pihak keluarga korban langsung jam itu juga.Keluarga yang datang sekitar 15 menit setelah mendapat informasi dari pihak kepolisian menjerit histeris melihat kondisi Bunawar dengan badan penuh luka bakar dan sudah tak bernyawa lagi di  ruangan UGD Puskesmas Gumukmas. (Rud) 

 

.

Berita ini mungkin hanya salah satiu dari sekian banyak cerita tentang hal serupa yang tak sempat terekspos. Mungkin di antara teman pembaca ada yang pernah mendengar hal serupa di lingkungan sobat..?

Baca Juga :  Di Luar Dugaan,AHM Memperhatikan Blog Kecil ini

Pelajaran yang dapat kita ambil tentu saja kita harus bersabar ketika memang kita sedang berkendara dan menghadapi fenomena alam di maksud.

.

handle-kena-petir

Bahkan menurut pengalaman seorang teman blogger yang Mas sayur dapat ketika googling, handle grip yang berbahan logam ataupun handel rem yang terbut dari logam juga berpotensi mengalirkan arus listrik dari petir ke tubuh kita jika kita tak menggunakan sarung tangan yang bersifat isolatif atau menahan arus listrik. Baca artikelnya di sini.

Dan kesimpulannya adalah,menunggu sampai hujan benar-benar reda dan situasi aman akan lebih baik walaupun menunggu sangatlah membosankan   🙂

Baca Juga :  Cara Mengoptimalkan Sinyal Asus Zenfone 5

Source : Majalah-Gempur.com

Advertisements

42 tanggapan untuk “Bahaya Tak Terduga di Musim Hujan, Petir…

  • Desember 22, 2013 pada 12:01 am
    Permalink

    Wingi muleh dari JKT, petirnya ada di pinggirnya pesawat….hiiii, seyem juga.. :mrgreen:

    Balas
    • Desember 22, 2013 pada 10:58 am
      Permalink

      saya juga pernah ngalami,kang.. boarding dari SBY jam 23.oo dalam perjalanan dari makassar ke jayapura sekitar jam 01.00 dini hari ada badai petir begitu.. weleh..mengerikan..lihat keluaar jendela gelap dan petir seperti ada di bawah jendela… mengerikan 🙁

      Balas
      • Desember 22, 2013 pada 12:33 pm
        Permalink

        Betul banget,om…kemarin juga begitu, sampai informasinya “Para penumpang, dilarang jalan-jalan diatas cabin, dan harap duduk gunakan sabuk pengaman. Karena pesawat sedang mengalami cuaca buruk” nang ati langsung deg-deg serrrr, padahal biasanya kalau naik pesawat itu paling seneng…. 😳

        Balas
    • Desember 22, 2013 pada 1:59 pm
      Permalink

      Pswt skrg di secure dg Static Discharge.
      Bentuk runcing, tdp di ujung sayap & ekor.
      Sesaat kena petir > listrik lgsg di buang (discharge) lwt ujung Static Discharge > ke bawah / blkg pswt, sesaat slbm nembus cabin.
      Antara body & cabin ada (isolator) safe utk penumpang & freq / electronic navigasi.

      Cuwi mie. ups… CMIIW

      Balas
  • Desember 22, 2013 pada 4:36 am
    Permalink

    Tambahan tentang petir:
    1. Tegangannya tidak hanya ratusan atau ribuan volt, tetapi bisa lebih dari 1.000.000 volt.
    2. Menurut buku Martin A. Uman: “Lightning”, arusnya bisa 20.000 ampere (bayangkan mesin las yg 400 ampere udah bisa mencairkan besi), dan panjang lintasan petir antara 2 – 14 km.
    3. Pernah waktu lagi kuliah, di depan kampus ada pohon cemara disambar petir. Tukang gorengan yg berteduh di bawahnya ama satu pembeli tewas kena induksi listriknya, padahal yg disambar pohonnya.
    4. Salah seorang staf menteri pernah tewas tersambar petir di lapangan golf Sawangan dekat rumah saya.
    5. Kesimpulan: Kalo sedang ada badai petir, para biker sebaiknya berteduh di bawah bangunan dan jangan melewati tempat terbuka seperti sawah, serta jangan berteduh di bawah pohon.

    Balas
    • Desember 22, 2013 pada 6:59 am
      Permalink

      jalanannya basah bro 😆

      Balas
    • Desember 22, 2013 pada 10:56 am
      Permalink

      Dalam riset yg dilakukan oleh Shell (krn pernah kapal tankernya meledak krn deknya disambar petir), ternyata petir tidak selalu memilih tempat tertinggi.
      Dalam hal riset Shell tsb (menggunakan model kapal dan high voltage generator), kadang2 petir menyambar dek kapal alih2 hanya menyambar tiangnya.
      Dan seperti bro basri bilang, ban dan jalanannya basah shg menjadi conductive, apalagi tegangan petir bisa lebih dari 1 juta volt, sehingga tegangan petir bisa tetap lewat ke bumi dgn mudah.

      Balas
  • Desember 22, 2013 pada 1:13 pm
    Permalink

    Ada daerah2 tertentu yg sering sekali petir terjadi.
    Meski tdk ada pohon / bangunan tggi, di analisa lokasi tsb lebih negatif (drpd sekitar) shg petir (kutub positif) loncat (petit).
    Note : jgn bertempat tinggal di situ..

    oot : Gundala tahan petir om..he.he

    Balas
  • Desember 22, 2013 pada 1:36 pm
    Permalink

    Bro Tukimin benar sekali.
    Daerah saya Sawangan, Depok, adalah daerah yg frekuensi sambaran petirnya termasuk tertinggi di Indonesia.
    Menurut “lightning counter”nya PLN, di daerah Sawangan terjadi sekitar 9000 sambaran petir per tahun, berarti rata2 terjadi sambaran petir 25 kali per hari.

    Balas
    • Desember 22, 2013 pada 1:43 pm
      Permalink

      waduh…tapi Pak Eko kerasan jug di situ,ya..nggak pernah nglami kejadian ekstrim tentang petir ini di daerah bapak..?

      Balas
    • Desember 22, 2013 pada 2:49 pm
      Permalink

      Pondok petir Reni Jaya, lebih banyak petir kali?

      Balas
  • Desember 22, 2013 pada 2:09 pm
    Permalink

    Sang Pencipta membuat petir tentu ada maksud nya.
    Reaksi percikan api di angkasa, selain secara fisika, terjadi reaksi kimia > menghslkn Ozone (O3) > menperbaiki atmosfer.

    Manusia merusak ozone (gas rmh kaca) > Tuhan sdh membuat keseimbang utk umatnya.
    Tp sifat manusia > lbh kearah merusak drpd merawat…

    Wah.. kok dowo. wis ngene ae yo….

    Balas
    • Desember 22, 2013 pada 2:15 pm
      Permalink

      subhanallaah..

      Tuhan Maha Besar
      Tuhan sayang sama kita..
      hanya kita yang selalu berbuat kerusakan… 🙁

      *tak dawakno sisan… 😉

      Balas
  • Desember 22, 2013 pada 2:45 pm
    Permalink

    Alhamdulillah walaupun sering terjadi petir di daerah saya, tapi tdk pernah mengalami kerusakan serius di dalam rumah.
    Pernah pohon melinjo di belakang rumah tersambar petir, dari tinggi 6 m cuma tersisa tunggul setinggi 0,5 m. Pohon melinjo satu lagi yg berjarak 8 m dari situ, kena induksi, daunnya kering dan pohonnya mati.
    Antenna TV alhamdulillah aman krn saya taruh di dalam wuwungan.
    Kalo modem Speedy dlm 2 thn udah 2x ganti krn rusak.

    Balas
    • Desember 22, 2013 pada 3:35 pm
      Permalink

      hmmm.. modemnya kena radiasi juga kayaknya,Pak Eko.. 🙂

      Balas
  • Desember 22, 2013 pada 2:46 pm
    Permalink

    Haram membawa Handphone yang sinyalnya sedang aktif, apalagi on call , bisa ketangkep petir …. kalau lagi hujan / badai petir HP mending di non aktifkan 😀

    Balas
  • Desember 22, 2013 pada 3:34 pm
    Permalink

    Pernah ngalami,kejadian waktu nganter cewek ke atm di lain kecamatan,di perjalanan turun hujan deras petir,tapi tetep jalan sambil nyari tempat berteduh.tiba2 ada petir besar tapi jauh dari tmpat kami,yg bikin kaget karena tangan seperti kena setrum walaupun tidak begitu kuat,dan cukup menciutkan nyali utk menerobos hujan,akhir berteduh menunggu hujan reda..

    Balas
  • Desember 22, 2013 pada 6:58 pm
    Permalink

    Ya takutlah,emang kalau gerimis ato hujan di iringi petir bikin dag dig dug dihati.
    Tambahan pengalaman juga dulu pernah beli hp ngga sampe sehari rusak,gara2 dicharge terus ditinggal kekebun,cuaca gerimis petir,& pohon kelapa disamping rumah kena petir & para tetangga listriknya pada mati sedang rumah saya tetep nyala,ga tahunya hp saya kena juga,walopun ga mati tapi jd error,setelah dicek konslet parah,akhirnya ga bisa dpake. So,kalau lg hujan mending jangan ngecharge hp,kecuali klo pake power bank mungkin ga masalah..

    Balas
    • Desember 23, 2013 pada 11:44 am
      Permalink

      waduh…maaf masshar…aku gak paham sejarahe Ponari.. 🙁

      Balas
  • Desember 23, 2013 pada 8:48 am
    Permalink

    ditempat kerja pernah ngalamin komputer, printer, modem rusak kena petir

    Balas
  • Maret 21, 2014 pada 9:57 pm
    Permalink

    lebih baik neduh dulu aja deh

    Balas
  • September 7, 2014 pada 7:06 pm
    Permalink

    The higher your page comes up in search engineoutcomes,
    the greatrer the traffic that iss directed tto yourweb site.
    Ranking Is The End Result After alll of your research into your keyword,
    your research into your topoc and when yoou have taken thee time to write
    a quality article, the ranking will take care of itself.

    Digg is a social bookmarking site that does give followed links.

    Balas
  • September 20, 2014 pada 10:33 pm
    Permalink

    emang di sawah ato daerah terbuka emang sering jadi inceran petir…
    dikampung saya rata2 mati kena petir waktu di sawah ato kebun sawit…

    Balas
  • September 20, 2014 pada 10:34 pm
    Permalink

    emang di sawah ato daerah terbuka emang sering jadi inceran petir…
    dikampung saya orang yang rata2 mati kena petir waktu di sawah ato kebun sawit…

    Balas
  • Oktober 1, 2014 pada 6:44 am
    Permalink

    The typical response I get from Network Marketers who don’t kknow how to market is “Well, our products are better. However, you should make it your goal to treat each interview you go on as a totally new experience. At Purrfect Auto Service, the goal is to get your car back on the road without any delays.

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: