SIM..Sejak Kapan Anda Memilikinya..? Ssstt… “Lewat Mana..? ” ;-)

spongebob driving license

Surat Izin Mengemudi ( SIM ) semua orang jelas tahu apa itu,nggak perlu di jelaskan lagi. Tapi ada baiknya kita cermati pengertian SIM versi Pak Polisi berikut ini. Menurut Satlantas Polres Jember SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor. 

Di Luar negeri,”katanya” tidak mempunyai SIM alias driving license adalah suatu hal yang tabu dan juga suatu pelanggaran berat,karena sangsinya selain di denda ada sangsi lain tidak di perbolehkan membuat SIM lagi dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

FrontSIM1

Sangat berbeda dengan di sini,yang sering menganggap sepele tentang kepemilikan SIM,bahkan herannya sering kita temui orang yang BANGGA karena tidak memilik SIM tapi bisa berkendara bebas sampai “ke mana-mana” tanpa kena tilang. Pernah nggak nemuin orang seperti itu..??   😉

Baca Juga :  Kawasaki KSR 110,Kini Pakai Kopling Manual dan Elektrik Starter

.

Kembali ke judul,sebagai seorang warga negara yang baik,Mas sayur yakin teman-teman pembaca tentu mempunyai SIM, baik itu SIM roda dua ataupun SIM untuk Roda empat atau lebih.

Awal mul kepemilikan SIM ini yang menarik untuk di ceritakan,soalnya ada kisah nyata seseorang baru membuat SIM ketika ia sudah terlal sering kena tilang    :mrgreen:

Baca Juga :  Ini Sepeda atau Motor,ya..??

Mas sayur pribadi mempunyai SIM pertama sejak kelas 2 SMA,mas bro…   dan terus terang saja saat itu Mas Sayur membuat SIM lewat “jalan belakang”   😉   alasannya kalau nggak salah waktu itu “katanya” belum memenuhi syarat dan agak di persulit. Sedikit “memalukan” memang..tapi sengaja Mas sayur ungkap di sini supaya teman-teman juga mau bercerita tentang kesulitan yang di hadapi di saat membuat SIM pertama kali.

Baca Juga :  Menunggu "Bebek Super"nya AHM

Piye,mas broo…?  sampeyan bikin SIM “lewat mana”…?    😉

Advertisements

102 tanggapan untuk “SIM..Sejak Kapan Anda Memilikinya..? Ssstt… “Lewat Mana..? ” ;-)

  • Oktober 22, 2013 pada 12:08 am
    Permalink

    sejak kelas dua smk, lewat tetangga sebelah :mrgreen:

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 12:47 am
    Permalink

    pas kelas satu sma bikin sim-nya pake jalan resmi dong, kan saya taat peraturan
    cuma waktu bikin ktp-nya mesti pake acara sogok erte dan perangkatnya dulu… (buat nambahin umur kang) :mrgreen:
    sim masih model zadul ber-laminating lan fotone di setempel ketok, wkkkk 😀

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 1:23 am
    Permalink

    saya bikin SIM pertama kali th 1992 lewat kolektif sekolah. engga nyogok.

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 9:42 am
      Permalink

      kolektif lebih mudah kayaknya memang ya,Pak Leo… 🙂

      Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 4:20 am
    Permalink

    Yupz..sm kaya’ mas sayur..ane pun memiliki SIM lewat jln belakang dibantu sm om ane yg kbtulan ada knalan..

    alasanx?..sudah 1x ane nyoba bikin SIM sesuai prosedur alias jln depan..ane inget wktu itu ane dtng ke kantor polisi pagi2, udh berpakaian rapi n’ melengkapi segala administrasinya..tes yg pertama adlh tes kesehatan, alhmdlh ane lulus..dan di tes yg ke-2 (tes tulis) inilah ane gagal..knp?..ada 30 soal yg hrus diselesaikan..dan peraturanx jelas tertulis minimal hrus betul 18 utk bs lanjut ke tahap selanjutx..ane inget ada skitar 6 peserta trmasuk ane diruangan itu..

    Entahlah..ane bnr2 apes atw apa..pas nama ane dipanggil (no. 4) sang pengawas ujian pun mnunjukan n’ ngoreksi lembar jawaban di dpan ane..dan disinilah ane ngrasa gak puas karena petugas tersebut ngoreksi lmbar jawaban ane kliatan asal2an nyoretx..n’ ane pun gak tau yg salah yg mana2 aja..dari 30 soal tsb ane cm bnr 17 soal (katanya)..!!..alhasil ane pun pulang dgn tangan hampa.. :'(

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 6:04 am
    Permalink

    Pas kuliah smester 3 baru punya SIM..
    Sssst… jalur biasa kayaknya.. 😀

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 7:07 am
    Permalink

    saya baru punya sim tahun 2007. caranya sama seperti mas sayur “minta bantuan”. tapi tetep aja ikut ujian

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 9:38 am
      Permalink

      nggak terlalu mencolok,lah… masih ikut ujian…

      Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 7:19 am
    Permalink

    Hahahahah hadeuh cuma modal duit 75 rebu registrasi pembuatan sim+ 15 rebu biaya kesehatan ,datang ke polres pagi2 antri di loket, isi formulir data, masuk ruang tes tertulis setelah itu tunggu hasil dari tes tulis, lewat pengeras suara. Rasane deg deg deg ser alhamdulillah lulus juga tes tulis hahahahahahah, etttttt jgn seneng dulu setelah ini ada test praktek hahahahahah mas bro dipersilahkan menggunakan motor sampean sendiri atau pake motor yg sudah di sesediakan ..;.;;.. Test drive nya cuma jalan zig zag plus bikin putaran angka delapan gampang kan hahahahahahah. ( anti kaki napak ke tanah) alias gak boleh menurunkan kaki) ane gugur di test ini hahahahahahahah. Tiga hari setelah kegagalan pertama ane coba. Lagi….. Alhamdulillah lulus hahahahah. Kembali ke loket. Formalitas cek kesehatan. tinggal tunggu sim di cetak. Mantap

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 8:14 am
    Permalink

    Bikin SIM Sejak berumur 17 tahun (karena syarat dan ketentuan punya KTP)

    Amien…saya dulu lewat jalur test… datang emang pagi2 karena rumah jauh dari polres.sampek sana daftr terus nunggu dipanggil untuk test tulis (test tulis e mudah2,,seputar berkendara dan rambu2).. yang agak sulit test praktek e… (pakek motor e polisi si r*v* dengan rasa tidak enak lah, apa mungkin dibuat gitu biar gak lulus wkwkwkwkwk,,) tapi karena sudah terbiasa memakai motor dengan kondisi yang aneh2,,alhamdulillah lulus, jaln zig zag, mengerem di tanjakan, jalan melingkar,jalan di gang sempit..terlalului… tapi SIM gak bisa langsung jadi, nunggu seminggu karena alasan masih penuh.pulang dengan membawa surat keterangan SIM belum jadi.. tapi sukses..SIM A nya belum,,,,menyusul dulu…karena alasan labil ekonomi…wkwkwkwkwk 😀

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 9:36 am
      Permalink

      wah..ini patut di contoh… disiplin tenan…. 🙂 :Y

      Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 9:55 am
        Permalink

        Ya tapi jangan diselipin….. hehehehehe…kayak e susah cari SIM A… tapi gak pengen juga naik mobil dewe.enak jadi penumpang..

        Balas
        • Oktober 22, 2013 pada 10:04 am
          Permalink

          mau tak “selipin”… 🙂 **hayah… abaikan…. :mrgreen:

          pengin naik mobil ada sing nyupiri,,,ngunu,ta…? 😉

          Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 11:29 am
        Permalink

        halah…..kok yo senengan e nyelip2…
        Ya bisa naik mobil,,tapi jek ragu mau buat SIM, mau kemana?
        enakkan disopiri bapak e wae…gak beresiko…

        Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 2:35 pm
        Permalink

        bang Kobayogas : maksudnya mosok apa bang…?!!!!

        Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 8:36 am
    Permalink

    sim yang pertama dan terakhir sejak memiliki motor pertama (dan sudah habis masa berlakunya hingga saat ini belum terpanjangkan) #eh 😆

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 9:00 am
    Permalink

    pertama punya sim tuh tahun 2001
    tahun itu setau saya d kota saya g da yg pakai tes, cukup bayar sekian rupiah sdh beres (tau dari nanya ke sesama pemohon sim)

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 9:26 am
    Permalink

    saya bikin pertama malah SIM A, nembak, biar cepet aja, drpd pake praktik, wong justru saya bikin SIM biar bisa belajar di jalan kok… sy juga klo belajar pasti didampingi ayah saya
    kalo cuma muter2 di lapangan ga nambah skill..

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 9:35 am
      Permalink

      ooo gitu,ya….
      ‘btw..nembaknya pake peluru “kaliber ” berapa dulu..? 😉

      Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 2:49 pm
        Permalink

        wah gak mudeng kaliber berapa mas, dulu msh sekolah jd ditembakin temen ayah sy.. 😀

        Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 10:00 am
    Permalink

    hahahahaha lewat pintu depan, masuk beli dawet dulu terus tlpn kasatlantasnya hehehe.. masuk langsung bayar dan foto… ujian angel jee…

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 10:02 am
      Permalink

      waah…aku juga mau lewat depankalau begitu,mah… :mrgreen:

      Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 10:03 am
        Permalink

        saiki jamane relasi itu penting.. wkwkwkkwkk… #efek ujian angel luluse

        Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 10:35 am
    Permalink

    dulu pertama mbuat sim, kls1 SMA di bantu calo, umut di tambahin! Waktu itu calo tu di anggep wajar,, mbuat sim ke2 di bantu sertifikat sekolah mengemudi yang harganya cuma Rp.60rb! Mbuat sim lagi karna, sim pertama gak cocok ma ktp umurnya! 😀 haha…

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 1:31 pm
    Permalink

    Kalo aku 5tahun setelah tamat SMA karna mau beli motor. Prosedur “sebenarnya” lah, bayaran lewat belakang pun sama aja (Rp215rb tahun ’05). Lagian cuma coret2 nebak jawaban doank tanpa ada ujian mengendaranya. Katanya mumpung pengawas gak ada dipersingkat aja, biar orang yg bejibun dapat SIM (terlayani). Maklum disini Po*i*i nya ngajarin supaya ada SIM gak ditilang gitu. :p

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 2:11 pm
    Permalink

    lagi wae oleh lek, 17 tahun 1 bulan
    via bkini bottom 😀

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 2:23 pm
    Permalink

    sama mas ane pertama bikin sim juga lewat belakang 😀

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 4:35 pm
    Permalink

    sejak punya motor 2004 😀
    ane lewat depan dibantu kawan :mrgreen: ..test kesehatan, mata semua, tp gak test motor doank :mrgreen:

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 4:54 pm
    Permalink

    aku bikin sim pas sma om…kolektif di sekolahan…yang tes cuma perwakilan…

    Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 5:19 pm
        Permalink

        enak pak dhe…lha orang sebanyak itu pesertanya kalau tes satu2 pak polisi gak da waktunya..dan semua lulus…

        Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 5:30 pm
    Permalink

    2002 lewat “nembak” (langsung ditawari oleh petugas).
    2x perpanjangan jalur normal tp pas didalam petugasnya yg nembak minta jatah.

    Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 5:41 pm
    Permalink

    Pertama punya motor th 2002 lewat “nembak” (langsung ditawari oleh petugas).
    2x perpanjangan jalur normal tp pas didalam petugasnya yg nembak minta jatah.

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 5:43 pm
      Permalink

      wah… “jatah” nya kurang apa,koq masih minta “jatah” lagi :mrgreen:

      Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 5:44 pm
    Permalink

    halah dobel ki…efek jaringan lemot

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 5:47 pm
      Permalink

      ora po po… saya sendiri juga sering gitu…efek jaringan lemot…

      opo tumon komen admin kena moderasi… wkwkwkwk…wasemmmb tenan… :mrgreen:

      Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 5:49 pm
    Permalink

    bayar sesuai tarip, giliran mau foto di mintain uang lg, jd biayanya ditolal sama kaya nembak

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 5:57 pm
      Permalink

      yaah…koq ada yg kayak gitu,ya…. apa atasannya nggak tahu ada anak buah yg “nakal” gitu… 😉

      Balas
  • Oktober 22, 2013 pada 8:49 pm
    Permalink

    nyindir po piye iki 😀 insya Alloh lg ngumpulin buat bikin SIM, lewat jalur depan apa belakang ya 😛

    Balas
    • Oktober 22, 2013 pada 8:53 pm
      Permalink

      wehehehe…ora nyindir Dok…

      lewat depan aja… disiplin itu bagus… 😉

      Balas
      • Oktober 22, 2013 pada 8:54 pm
        Permalink

        wkakakakaa….. aku ndelo tes prakteke langsung mules kang, 😀

        Balas
          • Oktober 22, 2013 pada 9:01 pm
            Permalink

            wkakakaka….. lah zig zag ancen marai mules, numpak pit ae durung mesti bisa

          • Oktober 22, 2013 pada 9:05 pm
            Permalink

            q tak milu2 peyan ae ah sesuk 😀 nk di takoni di waraih sopo ngakune seko kang sayur #ehh

          • Oktober 22, 2013 pada 9:07 pm
            Permalink

            wuaaaahhhh….. asemmmb kie….
            aku di dadekke kambing hitam… :mrgreen:

          • Oktober 22, 2013 pada 9:16 pm
            Permalink

            ora popo, yen ono sing marai 😀

          • Oktober 22, 2013 pada 9:18 pm
            Permalink

            nang cilacap nk nembak aka lewat calo kena 450ewu kang

          • Oktober 22, 2013 pada 9:23 pm
            Permalink

            larange… nek krungu IWB mesti di bilang “modiaaaarrr tenaaaan” :mrgreen:

          • Oktober 22, 2013 pada 9:24 pm
            Permalink

            lah wingi q mbatiri mz ucup nggawe kena semono,mbok oleh 300 jebule ora bisa yo wis saki maning duite

    • Oktober 23, 2013 pada 10:30 am
      Permalink

      westalah yuh……pake cara cepat alias nembak…..tak jamin 100% kalo melu tes pasti bakalan sampe berbulan2 balu bener (biasanya sampe pak pulisinya bosen ndilok awakmu) :mrgreen: dan kalo diitung ongkosnya bisa 4x lipat daripada nembak (itu termasuk biaya wara-wiri dan beli formulirnya lagi di tiap tes) 😀

      Balas
    • Oktober 23, 2013 pada 11:46 am
      Permalink

      ayo bikin,,dik Erit… biar aman nggak khawatir ketilang kalau ada razia.. 🙂

      Balas
  • Oktober 23, 2013 pada 1:08 am
    Permalink

    aku lewat belakang yg C,dah bela2in pake cara bener,tes prakteknya gagal terus sih.kalo sim a dah sepakeet sama kursus dulu

    Balas
    • Oktober 23, 2013 pada 11:45 am
      Permalink

      wah…ternyata keluhannya rata-rata tes prakteknya yg sulit…

      Balas
      • Oktober 23, 2013 pada 12:29 pm
        Permalink

        lha gila apa?tes kok zig zag gitu,mana ada jalan kek gitu ckckck.malah lebih mudah tes praktek mobil daripada motor itu om.

        Balas
  • Oktober 24, 2013 pada 5:53 pm
    Permalink

    saya punya pas umur 17 taun :mrgreen:
    ngurus pas kolektifan sekolah 😉

    Balas
  • September 23, 2014 pada 1:43 pm
    Permalink

    Basement could even be transformed. These companies should consumers
    always invite them to take this simple principle! Other secrets included information on local plumbing service, you may be intercepted only when there are times when parents cannot remain beside their child.
    It is the key to refresh business in question.

    Balas
  • September 28, 2014 pada 10:30 pm
    Permalink

    Although it follows the Agile Manifesto of uncovering of better search engine algorithms
    can design a website and use of unique software in order to reap the profits of the internet itself.
    Avoid search engine optimization or limit use of HTML or CSS.
    Myth #3: Lots search engine optimization of trading alternative are there that cost is lower.

    On the other hand, if you can control the text vague
    or simple web maintenance they’re here to save
    cost. Whatever your situation, always pay dividend.

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Mas Sayur Batalkan balasan

%d blogger menyukai ini: