Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram

20130704_104917-1-1Pada dasarnya,gangguan pada rem cakram hanya satu,yaitu : REM TIDAK BERFUNGSI alias BLONG   😉   Namun di balik tidak berfungsinya rem cakram tersebut ada tentu penyebabnya bermacam-macam. Berikut ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rem cakram tidak berfungsi :

MINYAK REM HABIS

recervoir

Cara mengeceknya sangat mudah,tentu teman-teman sudah paham. Tinggal di intip saja lewat lubang bening di recervoir minyak rem yang ada. Penyebab berkurangnya minyak rem adalah poin kedua berikut.

.

KEBOCORAN DI SELANG 

selang rem cakram

Kebocoran sekecil apapun akan menyebabkan rem cakram fungsinya berkurang,apalagi bocornya lebar,maka di jamin rem cakram akan blong. Periksalah kebocoran di selang dengan mencari rembesan minyak rem di sepanjang selang sambil menekan tuas rem.

Baca Juga :  Biker Terkuat adalah...

.

KARET SIL DI KALIPER RUSAK

pinjem gambar dari warongdohc.com   ;-)

pinjem gambar dari warongdohc.com 😉

Kerusakan yang terjadi bisa karena usia yang sudah “agak tua” dan karet menjadi keras sehingga rawan sobek dan menyebabkan minyak rem tak bisa memompa piston untuk medorong kampas rem. Hal ini ditandai dengan piston kaliper yang bergerak kembali setelah pengangan rem dilepas….

Baca Juga :  CBR500R dan CB500F Terkena Recall [ Lagi ], Ada Apa Lagi..?? Bagaimana dengan Unit yang Ada di Indonesia..??

.

KARET SIL DI MASTER REM RUSAK

master rem1

Kerusakannya sama dengan poin di atas,namun master rem ini fungsinya lebih dominan dalam pemompaan minyak rem.

KAMPAS REM SUDAH SANGAT TIPIS

Dan yang ini yang sering terjadi,biasanya gejalanya di tandai dengan bunyi aneh di piringan cakram ketika tuas rem di tekan/di injak. Bunyi gemerincing seperti gesekan logam.

.

Mungkin hanya itu yang dapat Mas sayur tulis,mengingat Mas sayur bukanlah mekanik atau orang yang ahli permesinan,maka jika ada kesalahan mohon di koreksi,da jika ada kekurangan mohon di tambahi.Karena semua itu hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja.

Baca Juga :  Resmi di Luncurkan, New Honda CB150R dan Honda Sonic 150R

.

Cara TERBAIK dan TERMUDAH untuk mengatasi gangguan fungsi rem cakram jika anda tidak paham dengan hal ini atau tidak biasa otak-atik motor adalah BAWALAH KE BENGKEL LANGGANAN ANDA   :mrgreen:

Jangan sepelekan soal rem ..INGAAT,,

putus rem

.

Semoga berguna.

Advertisements

32 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *