Manual Book,Buku Penting Yang Sering Terabaikan.

manual bookBuku itu ada pula yang menyebutnya ‘buku petunjuk pemilik kendaraan’ atau bahasa kerennya Owner’s manual guide’. Barang ini selalu menjadi tambahan gratis bagi setiap pembeli motor baru dari semua merk apapun.Oke..tidak perlu di bahas panjang lebar,karena pastinya teman-teman sudah mengetahuinya.

manual book yamahaSeperti judul diatas,berdasarkan pengalaman pribadi dan pengamatan di sekitar selama kurun waktu Mas Sayur mengenal motor sampai detik ini,sepertinya buku panduan itu amat jarang di gunakan sebagai mana mestinya.Maksudnya jarang sekali seorang pemilik motor yang benar-benar membaca dan mempelajari buku tersebut,buan berarti nggak ada sama sekali. Padahal, di dalam buku itu terdapat berbagai informasi penting tentang motor kita yang bisa membantu kita ketika mengalami masalah dengan motor di waktu yang darurat,juga bisa sedikit meringankan beban kita dalam hal perawatan motor,karena tidak harus selalu ke bengkel., Dengan catatan,kerusakan atau masalah yang terjadi masih dalam kategori ringan dan urusan non tekhnis mesin dan kelistrikan yang super ruwet    😀

Baca Juga :  PRESS RELEASE :AHM Raih Penghargaan Indonesia WOW Brand 2014.

Lalu apa sebenarnya yang membuat kita malas membaca buku itu. “nggak ada waktu,mas..”  itu jawaban yang sok sibuk super sibuk. Ada lagi yang menjawab,”ah..,naik motor cuman begini-begini aja koq pakai baca begituan,nggak penting…” mungkin itu adalah jawaban orang yang sudah ‘jago’ naik motor   😉   Dan masih ada banyak lagi mungkin alasan yang bisa anda tambahkan.

Baca Juga :  Renungan Akhir Ramadhlan

Manual Book Honda S90 1By the way..apakah anda termasuk yang sudah sering membaca dan mempelajari buku panduan kendaraan anda..? Atau mungkin malah membiarkannya terbengkalai menjadi hiasan lemari atau rak buku..? Atau malah anda sudah lupa di mana buku panduan itu anda simpan..??   Hayooo…ngaku….

Advertisements

22 tanggapan untuk “Manual Book,Buku Penting Yang Sering Terabaikan.

    • April 23, 2013 pada 9:57 am
      Permalink

      wkwkwkwk…campur aduk dalam lemari paling… 😀

      Balas
  • April 23, 2013 pada 7:30 am
    Permalink

    Kalo saya, beli barang apapun selalu saya baca dulu buku petunjuknya, Mas Sayur.
    Sebab seperti Mas Sayur katakan di atas, di dalam buku petunjuk banyak info penting yg akan sangat membantu kita dalam pengoperasian barang (termasuk motor) dan cara maintenancenya.

    Teman saya pernah hampir celaka waktu pertama kali pake mobil matic ke Puncak, Jawa Barat. Remnya hampir blong waktu turun ke arah Cianjur, karena perseneling dibiarkan di posisi D terus (nggak ada efek engine brakenya) dan rem diinjak terus.
    Padahal di bukunya jelas disebutkan bahwa kalau melalui turunan panjang, handle perseneling harus dipindah dari D ke 2 supaya ada efek engine brakenya.

    Balas
    • April 23, 2013 pada 9:49 am
      Permalink

      setuju mas, padahal dalam manual book terdapat informasi penting dan cara service ringan yg dapat di lakukan oleh pemilik kendaraan itu sendiri termasuk prosedur penggunaan itu tadi
      sebagian besar dari kita cuma memiliki saja tanpa pernah sekalipun membaca dan memahaminya paling kalo ga tahu yaaa tanya temen atau bengkel tulllll ga 😀 hayooo ngaku :mrgreen:

      Balas
    • April 23, 2013 pada 9:51 am
      Permalink

      naaah… itu bukti nyata pentingnya membaca manual book..Terima kasih infonya Pak Eko… semoga berguna bagi yang lain… 🙂

      Balas
        • April 23, 2013 pada 9:56 am
          Permalink

          lha iyo..aku ngomong nang wong loro-lorone.. sama2 eko,je… :D…
          sudah di rumah mojokerto,kah..?

          Balas
    • April 23, 2013 pada 10:28 am
      Permalink

      sampun pakdhe,iki lagi siap2 pancal pedal balik maning nang jember 1 minggu,ono garapan maneh 😀

      Balas
      • April 23, 2013 pada 10:33 am
        Permalink

        alhamdulillaah..lancar rejekine..gawan bayi ketoke.. 😉

        Balas
  • April 23, 2013 pada 7:56 am
    Permalink

    males banget bacanya banyak banget sich. paling yg dilihat cuma apa dan kapan komponen yang harus diganti itu saja

    Balas
  • April 23, 2013 pada 10:27 am
    Permalink

    paling tidak 1 bulan sekali saya baca buku itu, ama parts katalog yg ada gambar2 parts yg saling berhubungan, yang biasanya saya pake buat panduan waktu bongkar2 / korek harian … soalnya kadang lupa hal-hal kecil spt pasang baut, ring, dll… jadi klo ada gambarnya kan enak, tinggal ikutin tuh gambar hehehehe

    Balas
  • April 24, 2013 pada 8:08 am
    Permalink

    Kebanyakan masyarakat kita itu memang malas membaca,

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: