Selang Kran Vakum Bocor..,akhirnya akal-akalan lagii..

selang kran vakumPenyebab utamanya adalah usia,selang bawaan motor yang sudah berusia sepuluh tahu inipun akhirnya ‘menyerah’..,bocor alus dari retakan dinding selangnya yang mulai mengeras di makan usia dan terkena hawa panas mesin.Selang yang fungsi utamanya adalah menghubungkan isapan piston melalui intake manifold sehingga mampu membuka membran di kran vakum sehingga bensin mengalir ke karburator inipun akhirnya terpaksa Mas Sayur potong di bagian yang bocor,di tekuk dan diikat karet gelang (karet yang selalu di bawa untuk mengikat sayur   😆   ),untuk sementara,karena kejadiannya pas di tengah perbukitan,yang jauh dari bengkel,di pagi buta dan hari libur Paskah tempo hari sehingga mayoritas bengkel tutup.Lalu bensin dari tangki akhirnya harus mengalir langsung ke karburator tanpa melalui keran vakum alias keran vakumnya tidak di fungsikan.
Dan untuk menyambungkan selang bensin dari tangki ke karbu,Mas Sayur terpaksa memotong selang pembuangan di mangkok karburator untuk menyambungnya     😉    (dalam kondisi darurat,akal Mc Giver langsung main..    😀     ). Begini jadinya  :

Baca Juga :  Honda CB 500 F itu begini,to...?

Foto0710

Dan apesnya lagi,selang orisinilnya susah sekali di dapat,hampir semua bengkel di seputaran abepura bilang tidaak punya..   👿   dan terpaksa sampai detik ini pun kondisi selang bensin si Risma masih seperti itu,rencana penanganan sementara akhirnya menjadi semenHari dan semenMinggu   :mrgreen:   Semoga saja besok Mas Sayur mendapatkan selang orisinilnya di ASTRA MOTOR JAYAPURA.

Baca Juga :  Mengingat Kembali Besaran Denda Pelanggaran Lalu Lintas..

Lalu mengapa koq harus beli yang orisinil..? yang abal-abal kan banyak di bengkel umum ?  Memang..,tapi kualitas selang KW mungkin hanya bertahan dalam hitungan bulan,bahkan mungin cuma hitungan hari,karena nggak kuat panas dan gampang mengeras,jadi jika sodara-sodara mengalami masalah serupa,usahakan mencari selang yang orisinil..

rossi-lucuTerus..tanda-tanda jika selang ini rusak/bocor gimana.,mas..? Gampang,bro..motor terasa megap-megap seperti kehabisan bensin,jika bensin masih full,lanjutkan mengecek pengapian,jika pengapian oke,lanjut mengecek selang ini dengan menyambngkan selang dari tangki langsung ke karbu dan jangan lupa menutup selang yang menuju manifold,lalu nyalakan mesin..jika langsung tokcer berarti memang itulah akar masalahnya..  TAPI…INI HANYA BERLAKU UNTUK MOTOR BUTUT macam milik Mas Sayur,untuk motor yang masih ‘berusia muda’ ,rasanya hal ini mustahil terjadi..

Baca Juga :  Ada Kecelakaan Koq Di tonton,Bisa jadi Bahaya Juga,Lho...

Dan jika sampeyan kesulitan mengatasinya,ada baiknya bawa ke bengkel terdekat.Lha..montore kan mogok,mas..gimana cara bbawanya..?  Bisa dengan cara seperti gambar berikut..

   :D   :mrgreen:   :lol:
😀 :mrgreen: 😆
Advertisements

22 tanggapan untuk “Selang Kran Vakum Bocor..,akhirnya akal-akalan lagii..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: