Ketika Mekanik MengKorupsi Baut atau Mur Mesin Anda..

1353815284_459152180_1-Gambar--Dicari-Mekanik-MotorJangan salah persepsi dulu..,yang saya maksud bukan mur dan bautnya di ambil untuk keperluan pribadi,tetapi ketika suatu saat anda membongkar mesin motor anda ke bengkel,dan ketika di rakit kembali dan setelah selesai,ternyata ada baut atau mur yang ketinggalan belum terpasang.Tentu anda bertanya,”lho…baut ini tempatnya di mana..?  koq nggak di pasang..??

bengkelYang saya ceritakan di sini bukannya bengkel resmi lho..ya.. tapi bengkel umum dan biasanya yang menangani pekerjaannya adalah karyawan yang belum begitu berpengalaman dan baru lagi *mungkin.

Masih bisa di toleransi jika baut itu adalah baut pengikat bagian luar,tapi jika itu merupakan bagian dalam mesin,bisa fatal…Mungkin cerita saya terlihat mengada-ada,tapi hal itu pernah saya alami sendiri dulu waktu saya masih muda masih bujangan dan masih getol belajar bongkar mesin motor.

Baca Juga :  Lelaki ini berkeliling Dunia dengan Honda Jadul

zuegerWaktu itu saya membongkar sendiri Honda astrea prima saya untuk keperluan oversize,semua berjlan lancar sampai selesai. Dan saya baru menyadari ada sesuatu yang tertinggal dari bagian jeroan mesin yang belum saya pasang,yaitu cincin pengunci/kancing pen piston (nama kerennya apa,ya..     😳   ) berbentuk cincin kawat setengah lingkaran,yang berfungsi mengunci pen piston. Karena nggak ada masalah,maka saya abaikan hal itu sampai berjalan beberapa bulan.

Baca Juga :  JANGAN SEPERTI SAYA.. !!

Efeknya baru terlihat beberpa bulan kemudian,’koq..,motorku ngasap lagi..??’ padahal baru beberapa bulan lalu oversize..??’ Kecurigaan langsung muncul pada part yang ketinggalan itu tadi..dan benar…ketika saya bongkar,saya dapatkan dinding silindernya tergores cukup dalam mengakibatkan oli merembes ke depan kepala piston dan ikut terbakar dan menimbulkan asap     🙁       apes….

Intinya…jika anda membongkar motor di bengkel umum dan di tangani oleh karyawan yang menurut anda kemampuannya agak meragukan,tunggui saja kerjanya untuk memastikan tidak ada sesuatu yang tertinggal dari bagian dalam mesin anda. Tapi jika di bengkel resmi atau bengkel yang anda sudah percayai sepenhnya,rasanya hal itu tidaklah perlu di lakukan.

Baca Juga :  Yamaha R 15 30 jt-an..?
Advertisements

24 tanggapan untuk “Ketika Mekanik MengKorupsi Baut atau Mur Mesin Anda..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: