Rantai lah yang Sering di Sepelekan

Part yang ini sangatlah vital,se gahar apapun tenaga mesin motor kita, jika tanpa rantai..  sampeyan  bayangkan sendiri     😀    . Rantai yang kendor atau kering pun akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan dan keamanan kita dalam berkendara. Faktanya..,kita sering melupakannya *pengalaman pribadi lho..   Walaupun tahu dan mengerti pentingnya rantai dan bahayanya jika putus tiba tiba,terkadang karena kesibukan,dan terbatasnya waktu akhirnya kita menyepelekannya,malas melumasi atau kadang baru di stel ulang jika sudah benar benar kendor dan terasa tidak nyaman…   Ya   nggak…? hayo ngaku      😀      .Apalagi setelah melibas hujan,pelumas rantai akan hilang dan otomatis rantai akan menjadi kepanasan alias overheat jika tidak segera di lumasi lagi.

Baca Juga :  Dovisiozo Bilang Ducati Tak Seliar Perkiraan,Benar kah...?

Jika memang rantai sudah tua dan harus segera di ganti,segera lah di ganti ..jangan dipotong… memotong rantai adalah kelakuan saya jaman alay dulu…maklum ..,faktor ekonomi     😀    .Mengganti rantai dengan merk yang di rekomendasikan Pabrikan merupakan langkah terbaik.,satu paket dengan sproket depan dan belakang,dengan tujuan kenyamanan akan kita dapatkan setelah menggantinya,karena mengganti salah satunya saja adalah bukan langkah yang bijak,tetap saja nggak akan nyaman dan aman…  istilah radikalnya… PERCUMA…

Baca Juga :  Yamaha Old Vixion di Produksi Lagi, Tak PEDE dengan New Vixion,kah..??

Umur rantaipun akan sangat terpengaruh oleh pola kita berkendara,cara kita memainkan gas/bukaan throtle  ( suka melakukan akselerasi yang tiba tiba ),beban muatan motor yang berlebihan, medan yang di lalui banyak terdapat tanjakan/turunan,.  Akan tetapi yang terpenting adalah ketelatenan kita memperhatikan dan merawat rantai itu sendiri,caranya…?  anda sudah tahu pastinya…  gampang saja..,rantai jangan sampai kering dan jangan terlalu kendor. Ingat… 30% keselamatan anda ada di rantai yang kecil dan terlihat sepele ini..   Semoga berguna…

Baca Juga :  Benar-Benar Tersesat...
Advertisements

12 tanggapan untuk “Rantai lah yang Sering di Sepelekan

  • Oktober 16, 2012 pada 7:14 am
    Permalink

    klo hbs kena ujan rantai motor suaranya pasti kemrosok…. tp ada jg sich yg emang bawaan motor jg walaupun dah diolesi pelumas…

    Balas
  • Oktober 16, 2012 pada 10:43 am
    Permalink

    yup, kudu dirawat memang, meskipun motor saya tiger yang notabene selalu dikatain rantai kemrosak, tapi kalo dirawat teratur, bunyi kemrosak sedikit berkurang meskipun gak hilang sama sekali, tapi buat berkendara jadi lebih nyaman, entah sugesti atau bukan setelah rantai dibersihkan tarikan motor jadi terasa lebih joss, plintir gas langsung wuss :mrgreen:

    Balas
    • Oktober 16, 2012 pada 10:55 am
      Permalink

      rantai yang kendor memang mengurangi akselerasi…

      ________________________________

      Balas
    • Oktober 16, 2012 pada 11:20 am
      Permalink

      makasih Pak guru…atas tambahannya..

      ________________________________

      Balas
  • Oktober 17, 2012 pada 5:43 am
    Permalink

    Tepat sekali, harus rutin dibersihkan dan dilumasi. Harus makin rajin lagi kalau motor sering dipakai hujan – hujanan 🙂

    Balas
  • Oktober 18, 2012 pada 3:00 pm
    Permalink

    emang bener bro, bahas masalah rantai jadi inget temen waktu sekolah…. dulu pas lagi ngebut bawa motor tiba2 rantai motor temen gua putus dan langsung jatuh, untung saja maut blm menjeputnya, temen gua cuma lecet2 doang… tp lumayan lukanya 🙂
    Nice Info bro 🙂

    Penghemat BBM dan Perawatan mesin jangka panjang
    http://www.t-syst.com

    Balas
    • Oktober 18, 2012 pada 5:04 pm
      Permalink

      Itulah keunggulan orang indo..celakapun masih bilang “untung….” 😉

      Balas
      • Oktober 19, 2012 pada 9:30 am
        Permalink

        Hahhaaa iya yaa… kecelakaan aja masih bilang untung, secara ga sengaja itu sebenernya wujud bersyukur kepada Tuhan loh gan 🙂

        Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: